Runtuh nya vietnam

A.runtuhnya vietnam selatan
 
     Perang vietnam yang berlangsung selama 20 tahun(1955-1975) merupakan bentuk nyata dari perbenturan ideologi demokrasi liberal dan komunis di masa perang dingin.

Kesepakatan jenewa tahun 1954 yang memproklamasikan gencatan senjata di antara dua vietnam ini meghasilkan sebuah badan yang bernama internasional control committe.

Vietnam selatan menolak proses itu dan Amerika serikat mendukungnya. Vietnam utara lebih memilih untuk menyatukan dua vietnam melalui kekuatan militer ketimbang melalui proses politik.

Pada 1970, perang vietnam semakin melebar hingga dataran laos dan kamboja. Seiring makin intensifnya demokrasi demonstrasi antiperang yang berlangsung di Amerika serikat.

Pada 27 januari 1973, proses menuju kesepakatan perdamaian akhirnya di gagas kembali. Kesepakatan perdamaian itu di tandatangani pada 31 januari 1973 dan dikenal dengan nama The Paris Accords.

Pada 1974,vietnam utara,dengan ibu kota hanoi,mulai melanggar kesepakatan-kesepakatan damai yg dihasilkan dalam paris accords

Pada 30 april 1975 ,saigon ,ibu kota vietnam selatan,dikuasai seluruh nya oleh vietnam utara .tank-tank vietnam utara memasuki  kota tersebut memasuki kota tersebut sebagai tanda kemenangan.

Di Laos, paham komunisme di terapkan oleh Pathet Lao, yaitu sebuah organisasi yang terbentuk dari proses konsolidasi militer dan perseteruan politik dalam negeri. Selanjutnya, tahun 1977, terjadi pertikaian antara kamboja dan vietnam. Puncak pertikaian ini adalah usaha invasi Vietnam atas Kamboja pada 1979, yang berlanjut pada penyerangan Vietnam oleh tiongkok


Komentar

Postingan populer dari blog ini

(web programing1)FORM P-05

CONTOH" MODELS, VIEWS DAN CONTROLLERS